Senin, 08 November 2010

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Airlangga, Surabaya
Ingin berkecimpung di dunia kesehatan, tapi merasa nggak sanggup buat masuk jurusan kedokteran yang memiliki banyak persyaratan dan masa kuliah yang panjang banget. Tenang sobat, kesehatan tuh nggak cuma berbicara tentang dokter, dokter, dan dokter. Banyak jurusan-jurusan lain yang berhubungan sama kesehatan, salah satunya adalah jurusan kesehatan masyarakat. Mau tahu lebih lanjut, yuk simak liputannya.

"Apa perbedaan jurusan kedokteran dan jurusan kesehatan masyarakat?"


Banyak banget tuh yang nanya kayak gitu. Menurut Evy Arfianti S.KM M.Kes, dosen Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, kedokteran menangani masalah kesehatan yang klinis dan bersifat pribadi. Sedangkan kesehatan masyarakat lebih terfokus untuk menangani masalah kesehatan yang mewabah di masyarakat dan bersifat umum. "Contohnya nih, kasus gizi buruk yang banyak dialami oleh masyarakat dengan ekonomi rendah,” kata dosen yang baru saja menyelesaikan program S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat pada tahun 2009 tersebut.

Bisa dibilang, mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan Kesehatan Masyarakat ini sangat beragam dan unik loh. Mata kuliah yang dipelajari dibagi dalam 7 bidang konsentrasi yaitu, Ilmu Administrasi Kesehatan, Ilmu Biostatistika dan Kependudukan, Ilmu Epidemiologi, Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Ilmu Kesehatan Lingkungan, serta Ilmu Promosi Kesehatan dan Perilaku. Pada semester awal semua bidang ilmu tersebut akan dipelajari oleh mahasiswa, baru pada semester akhir dilakukan penjurusan sesuai minat dan bakat masing-masing mahasiswa.

Lapangan kerja yang dapat diambil oleh para lulusan Kesehatan Masyarakat (dengan gelar S.KM) ini juga sangat beragam, dan tentunya nggak jauh-jauh dari dunia kesehatan donk. Untuk sektor pemerintahan, para lulusan ini dapat bekerja di Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Dinas Sosial, Rumah Sakit, dan masih banyak instansi pemerintah lainnya. Untuk sektor swasta, dapat bekerja di Rumah Sakit swasta, perusahaan obat, produsen makanan, asuransi, konsultan gizi, promosi dan manajemen kesehatan. Bahkan beberapa alumnus Kesehatan Masyarakat sudah ada yang menjadi direktur Rumah Sakit, Klinik, dan Kepala Puskesmas loh. Woow, tertarik nggak nih sobat? Mau coba?

Sumber:
http://planetpelajar.com/page13705825.aspx

4 komentar:

  1. ka, mau tanya emangnya benarya kalau kita ngambil jurusan kesehatan masyarakat it bisa di terusin ke kedokteran ( profesi dokter )?

    BalasHapus
  2. persyaratan apa jha sih yg hrus dipenuhi bwat msuk kesehatan masyarakat????

    soanya saya anak smk,,bsa kah???

    BalasHapus
  3. baca juga www.beritahangatunair.blogpsot.com

    BalasHapus